Abstract :
Latar Belakang : Kualitas pelayanan keperawatan RSUD 45 Kuningan
dilihat dari struktur masalah yang ada terdapat kendala dari kurangnya fasilitas
peralatan ruangan seperti alat ukur tanda-tanda vital. Sedangkan dalam kinerja
perawat di RSUD 45 Kuningan terdapat beberapa masalah seperti kurangnya
ketepatan waktu bekerja, dan masih dalam tahap pendidikan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan keperawatan
dengan kinerja perawat di Ruang Rawat Inap RSUD 45 Kuningan Tahun 2022.
Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dan
pendekatan Crossectional. Populasi perawat diruang rawat inap yang berjumlah
30 orang, dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuisioner. Analisis univariat dilakukan dengan distribusi frekuensi
dan bivariat dengan analisis Rank Spearman.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan dari 30 perawat yang melakukan
kinerja dalam kategori baik, seluruhnya memiliki kualitas pelayanan keperawatan
yang baik, sedangkan perawat yang melakukan kinerja dalam kategori kurang
memiliki kualitas pelayanan keperawatan yang kurang. Uji analisis rank
spearman didapatkan r hitung = 0,668, p value = 0,000, terdapat hubungan antara
kualitas pelayanan keperawatan dengan kinerja perawat di RSUD 45 Kuningan.
Saran : Bagi perawat yang memiliki kinerja kurang baik untuk dapat
meningkatkan kinerjanya dengan lebih memperhatikan sasaran kerja yang ingin
dicapai demi kemajuan dan citra organisasi serta kualitas pelayanan yang
diberikan kepada pasien.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Keperawatan, Kinerja perawat
Kepustakaan : 4 Buku (2015-2022), 16 Jurnal (2017-2022), 2 Artikel (2019-
2022)