DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PENGGUNA BPJS DI RUMAH SAKIT PERMATA KUNINGAN TAHUN 2022
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan Garawangi
Author
EPRYANSYAH, EGI
Subject
614 Kesehatan Masyarakat 
Datestamp
2022-12-20 07:33:58 
Abstract :
Latar Belakang : Kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian pasien terhadap tingkat pelayanan yang diterima dengan tingkat layanan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS yang berkaitan dengan bukti fisik pelayanan, kehandalan pelayanan, tanggapan pelayanan, jaminan pelayanan, dan emphaty pelayanan, di Rumah Sakit Permata Kuningan. Kepuasan adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan tentang apa yang harapkan. Metode : Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian ini adalah pasien rawat jalan pengguna BPJS yang berusia >17 tahun dengan jumlah rata-rata pada tiga bulan terakhir yaitu 210 pasien. Sampel yang diambil menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampe 50 pasien. Teknik pengambilan data yaitu dengan wawancara kuesioner kepada pasien rawat jalan pengguna BPJS dan analisis data yang digunakan adalah Chi-Square. Hasil : Analisis univariat diperoleh variabel kualitas pelyanan kesehatan sebagian besar mengatakan pelayanan baik (90,0%), pada variabel kepuasan sebagian besar mengatakan puas (92,0%). Hasil uji Chi-Square menunjukan ada hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan pengguna BPJS diperoleh nilai ?-value sebesar 0,000 dan nilai OR = 66,000. Simpulan : Ada hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan pengguna BPJS di rumah sakit Permata Kuningan Tahun 2022. Perlu adanya survey kepuasan secara berkesinambungan untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan Garawangi