Institusion
INSTITUT TEKNOLOGI DIRGANTARA ADISUTJIPTO
Author
YULIANA PERMATASARI, DEVI
Subject
T Technology (General)
Datestamp
2024-06-25 03:39:43
Abstract :
G120 TP-A Grob adalah pesawat yang mempunyai 2 fungsi yakni utility
dan acrobatic dan masuk dalam kategori single engine, maka perlu adanya
penelitian dan evaluasi terhadap tingkat keandalan dan maintainability pesawat
tersebut, terutama pada komponen Beta Valve, Bleed valve dan Propeller
Reduction Gearbox (PRGB) yang sering mengalami kegagalan. Persediaan
komponen diperlukan agar saat dibutuhkan, komponen bisa segera dilakuka
penggantian, maka dibutuhkan analisis persediaan komponen Beta Valve, Bleed
Valve dan Propeller Reduction Gearbox (PRGB).
Perhitungan yang akan digunakan untuk menganalisis keandalan adalah
dengan menggunakan persamaan MTBF, sedangkan perhitungan yang akan
digunakan untuk menganalisis maintainability menggunakan persamaan MTTR
kemudian akan dilakukan analisis availability komponen dengan menggunakan
rumus Inherent Availability dan untuk menganalisis persediaan untuk satu tahun
kedepan akan digunakan persamaan MTBR.
Dari Analisis MTBF yang dilakukan, didapatkan waktu rata-rata antar
kegagalan komponen Beta Valve adalah 862 jam , komponen Bleed Valve adalah
1019,77 jam, komponen PRGB adalah 1093,72 jam. Sedangkan analisis MTTR
yang dilakukan, didapatkan waktu rata-rata perbaikan komponen Beta Valve
adalah 1,5 jam, komponen Bleed Valve 1 jam , dan komponen PRGB adalah 72
jam. Dan untuk nilai Availability dengan rumus Availability Inheren komponen
Beta Valve adalah 99,8 komponen Bleed Valve 99,9 dan komponen PRGB adalah
93,8. Kemudian analisis persediaan komponen dalam satu tahun dengan
menggunakan metode MTBR, untuk komponen Beta Valve adalah 10 komponen,
Bleed Valve 17 komponen dan PRGB 13 komponen