Abstract :
Pesawat Grob G120TP-A adalah pesawat latih double seater dan fully composite
structure, dibuat oleh Grob Aircraft. Pesawat Grob dirancang khusus sebagai pesawat latih
mula untuk calon-calon penerbangan militer dan sipil. Didalam penggunaannya, komponen
bleed valve pesawat tersebut merupakan komponen yang memiliki intensitas kerusakan yang
tinggi. Permasalahan yang terjadi pada komponen bleed valve, menyebabkan rendahnya
atau berkurangnya performance pada engine.
Metode yang digunakan berupa metode distribusi Weibull dan Reliability Centered
Maintenance (RCM). Distribusi Weibull merupakan distribusi yang memiliki peranan penting
terutama dalam persoalan keandalan (reliability). RCM merupakan landasan dasar untuk
perawatan fisik dan suatu teknik yang diapakai untuk mengembangkan perawatan
pencegahan (preventive maintenance) yang terjadwal, berguna untuk menentukan tingkat
kegagalan pada komponen yang bisa dijadikan referensi untuk setiap melakukan perawatan.
Penelitian yang dilakukan pada komponen bleed valve dengan data yang diperoleh mulai
dari Januari 2015- Desember 2018.
Hasil analisis menunjukan bahwa komponen bleed valve yang mengalami kerusakan
dengan interval waktu tertentu menjadikan tingkat kegagalan pada kompone berkategori
tinggi, dengan laju kegagalan yang semakin meningkat akibat pemakaian yang semakin
bertambah, serta keandalan komponen semakin berkurang dikarenakan fakor pemakaian
yang terus bertambah, sehingga diperlukan perawatan preventive yang berguna
memaksimalkan usia komponen dan mencegah kegagalan komponen saat pemakaian
berlangsung.