Abstract :
Oil Pressure Tranducer pada Engine PT6A-62 merupakan bagian
komponen penting pada Oil System, komponen tersebut membutuhkan tingkat
perawatan yang tepat untuk menjaga performa Engine agar tetap dalam kondisi
prima. Dengan menggunakan distribusi Weibull maka tingkat keandalan
komponen tersebut dapat diketahui. Dalam penelitian ini dilakukan analisis
mengenai keandalan komponen Oil Pressure Tanducer pada Engine PT6A-62
pesawat KT-1B.
Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi
dengan melihat Oil Pressure Tranducer. Distribusi Weibull digunakan untuk
menghitung tingkat keandalan, parameter yang diperlukan untuk perhitungan
yaitu Least Square Fit yang didalamnya memiliki nilai sesperti nilai Mann?s (nilai
rata-rata keandalan komponen), perhitungan Probability Density Function,
Reability, laju kegagalan, menghitung MTTF (Mean Time To Failure), dan
analisis efektivitas perawatan dari komponen alat.
Hasil dari penelitian ini didapat nilai MTTF 2937 jam dan tingkat
keandalan Oil Pressure Tranducer 41.49% pada usia 3500 jam, sehingga
efektifitas perawatan pada Oil Pressure Tranducer tergolong dalam kategori
Implies Wear Out dengan nilai ? 2.711611578