DETAIL DOCUMENT
Strategi kepala sekolah dalam menanamkan profesionalisme guru isbuma di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kecepit Banjarnegara
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Agustin, Dhany Fernandia
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-04-24 05:14:14 
Abstract :
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN PROFESIONALISME GURU ISMUBA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KECEPIT BANJARNEGARA Dhany Fernandia Agustin (1900031270), Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan. ABSTRAK Guru merupakan kunci keberhasilan sebuah lembaga pendidikan, karena guru juga menentukan keberhasilan pembelajaran dan terciptanya peserta didik yang berkualitas. Guru merupakan suatu profesi, yang berarti suatu jabatan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru dan tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang di luar bidang pendidikan. Tugas guru sebagai suatu profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup. Tujuan Penelitian ini (1) untuk mengetahui profesionalisme guru ISMUBA di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kecepit Banjarnegara (2) Untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam menanamkan profesionalisme guru ISMUBA di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kecepit Banjarnegara dan (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam menanamkan profesionalisme guru ISMUBA Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kecepit Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian. Data primer diperoleh dari kepala sekolah dan dua guru ISMUBA. Sedangkan sumber data sekunder, yaitu buku, dan dokumen serta hasil observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi Sumber dan teknik. Hasil penelitian ini yaitu Profesionalisme Guru ISMUBA Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kecepit Banjarnegara sudah memiliki lima kompetensi yaitu Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi profesional, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepemimpinan. Strategi Kepala Sekolah dalam Menanakan Profesionalisme Guru ISMUBA Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kecepit Banjarnegara. Pertama Diikutkan Pelatihan, KKG, Diklat dan Seminar Guru. Kedua Supervisi Kepala Sekolah. Ketiga Disiplin. Keempat Pemberian motivasi. Selanjutnya faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam menanamkan profesionalisme guru ISMUBA. Faktor pendukungnya yaitu latar belakang guru dan Penghargaan. Faktor penghambatnya yaitu tingkah laku siswa dan orang tua siswa. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan