DETAIL DOCUMENT
Keefektifan konseling kelompok realita untuk mereduksi nomophobia pada siswa kelas VIII siswa SMPN 1 Banguntapan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
'Ainii, Annida Qurrotu
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-04-26 08:56:19 
Abstract :
Fakta gejala adanya nomophobia terjadi pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Banguntapan. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru bimbingan dan konseling SMP Negeri 1 Banguntapan menunjukkan bahwa masih terdapat peserta didik yang mengalami nomophobia dengan gejala cemas ketika wifi/jaringan internet sedang tidak stabil di sekolah, ketika sekolah mengadakan razia siswa terlihat panik jika handphone-nya tidak langsung dikembalikan. Guna mengurangi nomophobia pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Banguntapan diperlukan adanya dukungan dari semua pihak, khususnya kontribusi seorang pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok realita untuk mereduksi nomophobia pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Banguntapan. Metode penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah Eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan model one group pretest posttest design. Penentuan subjek menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Banguntapan yaitu 5 orang peserta didik. Uji validitas menggunakan rumus product moment dengan bantuan SPSS versi 16. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus Alpha Cronbach. Teknik pengumpulan data menggunakan skala nomophobia. Data yang terkumpul dalam bentuk kuantitatif (angka) kemudian dianalisis secara statistik. Penggunaan analisis data statistik pada penelitian ini menggunakan uji paired sample t test. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan paired sample t test, diketahui nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 (< 0,005), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan skor pretest dan posttest sehingga konseling kelompok realita efektif untuk mereduksi nomophobia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banguntapan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan rekomendasi bagi guru Bimbingan dan Konseling atau konselor untuk membantu siswa dalam mereduksi nomophobia melalui konseling kelompok realita. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan