DETAIL DOCUMENT
Pengembangan media pembelajaran Bahasa Arab berbasis video Artificial Intelligence untuk meningkatan hasil belajar siswa di SD Muhammadiyah Bodon
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Yulianto, Nunung
Subject
PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania 
Datestamp
2024-04-24 09:48:21 
Abstract :
Di era globalisasi dengan majunya teknologi sangat menguntungkan manusia dalam bidang pendidikan, salah satu teknologi yang kini menyuguhkan kemudahan dalam membuat media pembelajaran adalah Artificial Intelligence (AI). AI dapat digunakan untuk membantu meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran, yaitu dalam sebuah media video pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Arab. Tidak dapat dipungkiri bahwa pelajaran bahasa Arab pada tingkatan sekolah dasar masih menemui beberapa problematika pada motivasi dan hasil belajar siswa. Karenanya dengan memanfaatkan AI pada pengembangan media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran bahasa Arab berbasis Artificial Intelligence di kelas VI (enam) SD Muhammadiyah Bodon, serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model Borg and Gall. Langkah-langkah pengembangan pada penelitian ini adalah potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain media, uji validasi media, revisi, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi akhir, dan produksi masal. Validasi dilakukan dengan 2 ahli materi dan 2 ahli media. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, dan tes. Sedangkan analisisnya dengan kualitatif dan kuantitatif dengan analisis deskriptif dan skala likert yang dianalisis proporsi frekuensinya. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata penilaian ahli media adalah 4,42 dan rata-rata ahli materi sebesar 4,35 dengan kriteria sangat baik. Revisi masukan terkait dengan judul, durasi, isi, dan evaluasi dan telah dilakukan revisi oleh peneliti. Untuk efektivitas media, menggunakan uji Paired Sample Test yang menunjukkan nilai signifikansinya dibawah 0,05 artinya adanya perbedaan yang nyata antara pretest dan postest dengan penggunaan media video pembelajaran bahasa Arab berbasis AI. Sehingga, secara keseluruhan media pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan layak untuk digunakan. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan