DETAIL DOCUMENT
Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel SMP kelas VII
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Fauziah, Nabila Atika
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2024-04-24 06:37:46 
Abstract :
Pembelajaran kontekstual adalah usaha untuk membuat peserta didik aktif dalam memompa kemampuan diri tanpa merugi dari segi manfaat, sebab peserta didik berusaha mempelajari konsep sekaligus menerapkan dan mengaitkannya dengan kehidupan nyata. Dalam menunjang pembelajaran dengan pendekatan kontekstual diperlukan bahan ajar bisa berupa modul yang didalamnya sudah lengkap dengan materi, latihan soal, assesmen yang dapat membantu peserta didik untuk lebih memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan serta mengetahui kelayakan, keprakstisan, dan kevalidan modul pembelajaran matematika pada materi PLSV dan PtLSV dengan pendekatan kontekstual. Desain penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Sedangkan model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Dimana untuk menguji kelayakan, kepraktisan, dan kevalidan melalui validasi materi, validasi media, dan respon peserta didik. Dimana untiuk respon peserta didik melalui uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Hasil penelitian diperoleh Modul pembelajaran matematika materi PLSV dan PtLSV dengan pendekatan kontekstual memenuhi kriteria valid dimana mendapatkan skor 80,8 dari ahli materi. Dan mendapat rata ? rata skor dari ahli media sebesar 86,6 kemudian berdasarkan rata ? rata skor yang diperoleh dari respon peserta didik sebesar 93,5. Hal ini menunjukkan bahwa Modul Pembelajaran Matematika memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan