Abstract :
Pendidikan memiliki pengaruh krusial dalam mengembangkan sumber daya manusia dan guru menjadi salah satu elemen kunci dalam proses pembelajaran. Perubahan dinamis dalam dunia pendidikan menyebabkan guru harus memiliki innovative work behavior guna menjawab tantangan zaman. Budaya sekolah dan motivasi berprestasi ialah salah satu faktor yang mempengaruhi innovative work behavior. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh budaya sekolah dan motivasi berprestasi terhadap innovative work behavior guru SMA Muhammadiyah se Kota Yogyakarta. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data berbasis survey. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA Muhammadiyah se Kota Yogyakarta dengan sampel guru tetap yayasan Muhammadiyah yang berjumlah 146 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive cluster sampling. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala innovative work behavior, skala budaya sekolah dan skala motivasi berprestasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang bertujuan untuk menguji hubungan variabel budaya sekolah dan motivasi berprestasi terhadap variabel innovative work behavior dengan bantuan software SPSS 20. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang sangat signifikan budaya sekolah dan motivasi berprestasi terhadap innovative work behavior dengan nilai siginifikan 0,000 P < 0,01. Budaya sekolah berpengaruh secara positif terhadap innovative work behavior dengan nilai signifikan 0,018 < 0,05. Motivasi berprestasi secara positif berpengaruh sangat signifikan terhadap innovative work behavior dengan nilai signifikan 0,000 < 0,01. Implikasi penelitian ini memberikan wawasan pada pihak sekolah terutama Muhammadiyah untuk melakukan perkembangan Lembaga Pendidikan dan peningkatan kualitas kinerja guru.