DETAIL DOCUMENT
Hubungan antara dukungan sosial guru dengan optimisme masa depan siswa kelas XII SMA Boarding School di Mungkid, Magelang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Azzahro, Tazkiyatun Nafs Salsabila Azzahro
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2024-04-26 08:56:46 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial guru dengan optimisme masa depan pada siswa kelas XII SMA boarding school di Mungkid, Magelang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XII sebanyak 218 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat ukur berupa skala dukungan sosial guru, dan skala optimisme masa depan. Teknik analisis data menggunakan analisis product moment. Hasil penelitian ini didapatkan koefisien korelasi sebesar r = 0,282 dengan taraf signifikansi sebesar p = 0,000 (p<0,01) yang artinya terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial guru dengan optimisme masa depan pada siswa kelas XII SMA boarding school di Mungkid, Magelang. Dukungan sosial yang diberikan oleh guru dapat meningkatkan optimisme masa depan siswa. Dukungan sosial guru memberikan sumbangan efektif sebesar 7,95% terhadap optimisme masa depan siswa. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan