DETAIL DOCUMENT
Pengaruh financial literacy dan penggunaan e-commerce terhadap kinerja usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Yogyakarta (studi kasus UMKM pengrajin perak Kotagede Yogyakarta)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Aswadi, Nazri
Subject
HF Commerce 
Datestamp
2024-04-26 08:54:37 
Abstract :
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah lama memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Pada era globalisasi ini, teknologi digital berfungsi berarti terhadap keberlangsungan usaha. Perihal ini memacu parapelaku UMKM untuk menghasilkan sesuatu yang baru, cocok dengan masa digital saat ini yaitu masuk ke ranah e-commerce, dan juga aspek financial literacy yang perlu diperhatikan. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena masih adanya berbagai permasalahan dalam pertumbuhan UMKM di Indonesia, sehingga mengakibatkan lemahnya daya saing terhadap produk impor. Tantangan utama yang dihadapi UMKM antara lain keterbatasan infrastruktur, akses pemerintah terkait perizinan dan birokrasi, serta biaya yang mahal. Permasalahan yang ada berdampak pada kinerja UMKM. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh financial literacy dan penggunaan e-commerce terhadap kinerja UMKM pengrajin perak Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, menggunakan metode penelitian kuantitatif, data diperoleh menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah UMKM pengrajin perak Kotagede Yogyakarta. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang diperoleh 40 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel financial literacy dan penggunaan e-commerce berpengaruh terhadap kinerja usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pengrajin perak Kotagede Yogyakarta. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan