Abstract :
IPAS kurikulum merdeka terdapat materi yang mengenalkan bagaimana
dan apa saja yang ada dibumi kita, untuk menunjang hal tersebut diperlukan media
yang mudah seperti media pembelajaran Pop-Up Book. Berdasarkan hasil
wawancara dan observasi di SD Negeri Pasuruhan, Kabupaten Wonosobo. masih
menerapkan pembelajaran yang konvensional pembelajaran diluar kelas sangat
terbatas, Hanya berpatokan terhadap gambar yang ada dibuku cetak dan benda di
sekitar siswa, penggunaan media masih sangat terbatas, siswa mudah jenuh ketika
pembelajaran. Sehingga mereka membutuhkan media pembelajaran yang sewaktuwaktu bisa digunakan yang dapat menampilkan gambar serta penjelasan yang
menarik dan dapat mengasah pengetahuan siswa. Sehingga, tujuan dari penelitian
ini adalah menghasilkan media Pop-Up Book berbasis Local Wisdom pada materi
kenampakan alam di indonesia yang berkualitas, layak serta efektif bagi siswa kelas
V SD Berdasarkan perolehan hasil persentase penilaian yang dilakukan oleh ahli
media, ahli materi, dan ahli pembelajaran, masing-masing mendapat nilai 96%,
87,2?n 82%. Hasil persentase tersebut dijumlahkan kemudian dirata-rata
mendapat nilai rata-rata 88,4?n masuk ke dalam kategori sangat berkualitas.
Hasil respon guru dan siswa mendapat respon 100% masuk kedalam kategori sangat
berkualitas. hasil uji normalitas menunjukkan bahwa nilai signifikansi pretest dan
posttest kelas eksperimen 0,077 dan 0,101 sehingga >0,05. homogenitas
menunjukkan nilai signifikansi pretest dan posttest sebesar 0,117 sehingga lebih
besar dari 0,05. Uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar <0,001
lebih kecil dari signifikansi 0,05, sehingga dapat bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulannya dari uji paired sample t-test ini adalah terdapat perbedaan sebelum
dan sesudah penggunaan Media Pop-Up Book berbasis Local wisdom materi
kenampakan alam kelas V SD. Artinya media ini efektif digunakan pada siswa SD
kelas V