Abstract :
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan flow akademik mahasiswa S1 psikologi Universitas Ahmad Dahlan angkatan 2019 pasca pandemi COVID-19.
Subjek penelitian yang dilibatkan adalah mahasiswa S1 psikologi angkatan 2019 dari A,B,C dan D yang berjumlah 131 mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuantitatif menggunakan tiga skala yaitu skala flow akademik, skala efikasi diri dan skala dukungan sosial. Sampling dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan analisis data penelitian menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan program komputer SPSS 16.0 for Windows. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa : (1) Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan flow akademik, (2) ada hubungan positif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan flow akademik dan (3) ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan flow akademik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah efikasi diri dan dukungan sosial memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan flow akademik. Semakin tinggi efikasi diri dan dukungan sosial mahasiswa, maka semakin tinggi pula flow akademik mahasiswa tersebut. Sebaliknya, jika semakin rendah efikasi diri dan dukungan sosial mahasiswa, maka semakin rendah pula flow akademik mahasiswa tersebut.