Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara dukungan sosial orang tua dan optimisme dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Wates Kabupaten Kulon Progo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Wates sebanyak 128 siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala dukungan sosial orang tua dan skala optimisme serta nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 64 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi IBM 19.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai korelasi sebesar 0,319 dengan taraf signifikan p = 0,038 (p < 0,05) yang artinya hipotesis diterima, yaitu ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial orang tua dan optimisme dengan prestasi belajar. Dukungan sosial orang tua dan optimisme memberikan sumbangan efektif sebesar 10,17%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial orang tua dan optimisme dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Wates Kabupaten Kulon Progo.