DETAIL DOCUMENT
Penerapan theory of reasoned action pada sikap dan norma subjektif konsumen wanita terhadap makanan seblak di Yogyakarta : studi kasus di resto Seblak Asgar dan Cimahi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Abdurrohim, Abdurrohim
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2024-06-27 06:23:00 
Abstract :
Resto Seblak Asgar dan Seblak Cimahi merupakan resto seblak yang populer di Yogyakarta. Seblak menjadi jajan favorit wanita karena rasa yang enak dan dapat meningkat mood menjadi wanita lebih baik. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data yang dilakukan denga cara wawancara,observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan sikap konsumen wanita menyukai cita rasa pedas, gurih, dan bumbu kencur pada kuah seblak yang segar. Pada faktor harga yang terjangkau menjadi faktor penting. Pada faktor penyajian variasi yang beragam pada topping dan level kepadasan. Pada faktor psikologis, mengkonsumsi seblak dapat meningkatkan mood dan memberikan pengalaman memuaskan. Norma subjektif konsumen wanita terhadap sosial media dan teman berpengaruh besar, sedangkan keluarga tidak berpengaruh. Hal ini membuktikan terdapat hubungan positif antara sikap dan norma subjektif dalam pembelian seblak. Penelitian ini dapat memberikan saran bahwa restoran dapat terus meningkatkan kualitas rasa dan variasi topping untuk memenuhi preferensi konsumen yang beragam serta mampu menggabungkan konsep prasmanan dan paket tersebut menjadi satu supaya konsumen bisa lebih mudah memilih dan menyesuai budget mereka. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan