DETAIL DOCUMENT
Efektivitas model pembelajaran creative problem solving terhadap keterampilan metakognisi IPA peserta didik kelas IV DI SD Muhammadiyah Demangan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Martawidya, Dyah
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-06-28 08:06:47 
Abstract :
Keterampilan metakognisi di SD Muhammadiyah Demangan masih tergolong rendah. Rendahnya keterampilan metakognisi tersebut ditunjukan dengan kurangnya penggunaan pengetahuan yang telah dipelajari, mengintegrasikan informasi yang telah diperoleh, memilih serta menggunakan strategi pembelajaran. Model pembelajaran Creative Problem Solving bukan hanya sekedar mengetahui, mengingat dan menerapkan informasi yang telah didapat, namun melatih peserta didik untuk dapat menganalisis dan mencari solusi dari suatu permasalahan yang dihadapi. Model pembelajaran ini sangat tepat untuk meningkatkan ketermpilan metakognisi pesrta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Bentuk penelitian yaitu quasi eksperiment dengan desain One-group Pretest-Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah Demangan yang berjumlah 60 peserta didik. Sampel penelitian ini berjumlah 25 peserta didik kelas IV Al-Fatih. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran dan angket pretest postest keterampilan metakognisi. Uji validitas instrumen menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan alpha Cronbach. Teknik analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan effect size (Cohend?d). Hasil penelitian menunjukkan nilai pretest-postest keterampilan metakognisi peserta didik didominasi kategori sedang. Analisis lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran pertemuan pertama sebesar 92% dan kedua sebesar 92% yang termasuk di kategori sangat baik. Hasil analisis nilai effect size (Cohend?d) diperoleh nilai sebesar 3.73 dengan kriteria sangat besar. Hal ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan pemecahan masalah dalam proses pembelajaran, penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving efektif untuk meningkatkan keterampilan metakognisi IPA peserta didik. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan