DETAIL DOCUMENT
Peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca peserta didik kelas II SD negeri 4 Bandingan Banjarnegara
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Nugraheni, Adhityas Intan
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-06-28 07:47:45 
Abstract :
Kemampuan membaca adalah keterampilan dasar yang sangat penting bagi peserta didik, terutama di jenjang pendidikan dasar. Namun, di SD Negeri 4 Bandingan Banjarnegara, beberapa peserta didik kelas II mengalami kesulitan dalam membaca yang memengaruhi prestasi akademik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca peserta didik kelas II dengan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari guru kelas II dan peserta didik yang mengalami kesulitan membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa faktor mempengaruhi implementasi upaya guru, seperti kompetensi guru, dukungan sekolah, dan keterlibatan orang tua. Guru yang memiliki pemahaman baik tentang metode pengajaran membaca dapat memberikan bimbingan yang lebih efektif. Fasilitas dan sumber daya di sekolah juga mendukung keberhasilan upaya guru, sementara keterlibatan orang tua dalam proses belajar mengajar sangat berpengaruh terhadap kemajuan peserta didik. Untuk meningkatkan efektivitas upaya guru, beberapa solusi diidentifikasi, termasuk pelatihan dan workshop untuk meningkatkan kompetensi guru, penyediaan sumber belajar yang memadai, serta peningkatan kerjasama dengan orang tua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca peserta didik sangat penting dan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Dengan pelatihan yang tepat, dukungan sekolah, dan keterlibatan orang tua, kesulitan membaca di kelas II SD Negeri 4 Bandingan Banjarnegara dapat diatasi dengan lebih efektif. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan