DETAIL DOCUMENT
Analisis strategi guru dalam menangani kasus perundungan yang terjadi pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Negeri Balirejo Yogyakarta
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Muchlish, Imam Jauhar
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-07-02 06:11:29 
Abstract :
Kasus perundungan yang terjadi di Sekolah Dasar Negeri Balirejo Yogyakarta merupakan suatu permasalahan yang serius dan harus segera mungkin untuk diselesaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang di terapkan di Sekolah Dasar Negeri Balirejo dalam mengatasi kasus perundungan yang terjadi secara mendalam serta faktor pendukung dan penghambat apa yang di temui di lapangan. Jenis Penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru yang menjalankan strategi penanganan perundungan seperti guru pendamping khusus, guru kelas dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi,wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, Miles dan Hubermen (1984), data yang diperoleh kemudian difokuskan, dirangkum untuk mempermudah analisis, setelah dirangkum dan dianalisis data disajikan dalam bentuk teks naratif, bagan , dan table. setelah disajikan dalam bentuk tersebut kemudian ditarik kesimpulan dari data yang diperoleh secara keseluruhan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penilitian menunjukan bahwa Sekolah Dasar Negeri Balirejo sudah menjalankan berbagai macam strategi mulai dari internal sekolah sampai eksternal sekolah, Sekolah Dasar Negeri Balirejo melibatkan pihak eksternal seperti dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pusat Pembelajaran Keluarga dan Bhabinkambtibmas dari kepolisian guna melakukan sosialisasi terhadap siswa dan orang tua siswa yang dilakukan setiap semesternya. Membuat aturan yang ketat dan pihak sekolah memberikan pelatihan pada setiap guru dibidang kesiswaan seperti bimbingan konseling. Faktor pendukung dan penghambat dalam menangani perundungan adalah siswa yang kooperatif dalam menerima sanksi yang diberikan faktor yang menghambat adalah kurangnya konsistensi dan kerja sama antara pihak sekolah dan orang tua serta masih banyak siswa yang lepas pengawasan dari guru pada saat di luar kelas yang menyebabkan perundungan itu bisa terjadi. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan