DETAIL DOCUMENT
Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berkomunikasi verbal & hasil belajar kognitif siswa materi keanekaragaman hayati di MAN 2 Bantul
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Isnayanti, Tri Rahayu
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-07-01 08:22:24 
Abstract :
Komunikasi verbal yang baik dan efektif adalah salah satu kunci tercapai nya tujuan pembelajaran. Berdasarkan observasi pembelajaran di sekolah masih kurang interaktif yang menyebabkan hasil pembelajaran tidak maksimal. Penggunaan model pembelajaran Discovery Learning mampu melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar serta kemampuan berkomunikasi verbal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa materi keanekaragaman hayati kelas X.1 dan X.3 di MAN 2 Bantul, serta mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berkomunikasi verbal siswa materi keanekaragaman hayati kelas X.1 dan X.3 di MAN 2 Bantul. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalen control grup design. Populasi yang di gunakan sebanyak 108 siswa dari MAN 2 Bantul dengan sampel penelitian diambil dua dari tiga kelas menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen pengambilan data berupa lembar soal pretest dan posttest untuk melihat hasil belajar kognitif dan lembar Observasi untuk melihat keterlaksanakan sintak model pembelajaran Discovery Learning yang telah divalidasi oleh dosen Universitas Ahmad Dahlan, serta kemampuan berkomunikasi verbal siswa. Data hasil penelitian dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas menggunakan (Kolmogorov-Smirnov) dan hasil homogenitas menggunakan (Levene Test). Pembuktian hipotesis menggunakan statistik non parametrik berupa uji Mann-Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berkomunikasi verbal & hasil belajar kognitif siswa. Kelas eksperimen memperoleh hasil yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol (pembanding) pada hasil observasi kemampuan berkomunikasi verbal dan tes menggunakan soal pretest serta posttest. Berdasarkan uji statistik dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berkomunikasi verbal dan hasil belajar kognitif siswa materi keanekaragaman hayati di MAN 2 Bantul. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan