Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh
religiusitas dan digital marketing terhadap keputusan Generasi Z di Magelang menjadi
nasabah Bank Syariah Indonesia dengan motivasi sebagai variabel moderasi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan data
primer dan data sekunder. Teknik pengambilan data dilakukan melalui penyebaran
kuesioner dengan populasi yang dipakai adalah Generasi Z di Magelang yang menjadi
nasabah Bank Syariah Indonesia. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 110
responden dengan menggunakan rumus Lemeshow untuk mengukur ukuran sampel.
Analisis data yang digunakan adalah Uji Signifikansi Individual (Uji-t), Uji
Moderating Regression Analysys (MRA), dan Uji Koefisien Determinasi dengan
menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara
persial religiusitas dan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan Generasi Z di Magelang menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia.
Kemudian berdasarkan Uji Moderating Regression Analysys dapat diketahui bahwa
motivasi sebagai variabel moderasi dalam penelitian ini memoderasi hubungan antara
religiusitas dan digital marketing terhadap keputusan Generasi Z di Magelang menjadi
nasabah Bank Syariah Indonesia. Selanjutnya berdasarkan Uji Koefisien Determinasi
dapat diketahui kontribusi religiusitas dan digital marketing terhadap keputusan dalam
penelitian ini sebesar 55,3% dan kontribusi reigiusitas, digital marketing, dan motivasi
terhadap keputusan sebesar 71,5% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain yang
tidak ada dalam penelitian ini.