DETAIL DOCUMENT
Pengaruh religiusitas dan digital marketing terhadap keputusan menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia dengan motivasi sebagai variabel moderasi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Ikhwan, Deviana Ardiani
Subject
HA Statistics 
Datestamp
2024-06-29 08:48:04 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh religiusitas dan digital marketing terhadap keputusan Generasi Z di Magelang menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia dengan motivasi sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan populasi yang dipakai adalah Generasi Z di Magelang yang menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 110 responden dengan menggunakan rumus Lemeshow untuk mengukur ukuran sampel. Analisis data yang digunakan adalah Uji Signifikansi Individual (Uji-t), Uji Moderating Regression Analysys (MRA), dan Uji Koefisien Determinasi dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara persial religiusitas dan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan Generasi Z di Magelang menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia. Kemudian berdasarkan Uji Moderating Regression Analysys dapat diketahui bahwa motivasi sebagai variabel moderasi dalam penelitian ini memoderasi hubungan antara religiusitas dan digital marketing terhadap keputusan Generasi Z di Magelang menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia. Selanjutnya berdasarkan Uji Koefisien Determinasi dapat diketahui kontribusi religiusitas dan digital marketing terhadap keputusan dalam penelitian ini sebesar 55,3% dan kontribusi reigiusitas, digital marketing, dan motivasi terhadap keputusan sebesar 71,5% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan