DETAIL DOCUMENT
Pengaruh promosi, inovasi produk, dan inklusi keuangan terhadap keputusan masyarakat menjadi nasabah Bank Wakaf Mikro Alumna Berkah Mandiri Krapyak Yogyakarta
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Arfanti, Sinawang Anuria
Subject
HG Finance 
Datestamp
2024-07-01 08:11:43 
Abstract :
Bank Wakaf Mikro merupakan salah satu Lembaga Keuangan Mikro Syariah yang memberikan kemudahan akses modal kepada para pelaku Usaha Mikro Menengah Kebawah. Salah satu BWM yang memberikan modal kepada para pelaku usaha mikro, khususnya pengrajin batik di Bantul adalah Bank Wakaf Mikro Almuna Berkah Mandiri yang berada di daerah pondok pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa berpengaruh promosi, inovasi produk, dan inklusi keuangan terhadap keputusan masyarakat menjadi nasabah Bank Wakaf Mikro Almuna Berkah Mandiri Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode purposive sampling sebagai strategi pengambilan sampel nasabah. Dengan menggunakan rumus slovin, jumlah sampel sebanyak 100 nasabah dengan menyebarkan kuisioner yang kemudian diolah menggunakan SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel promosi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan masyarakat. Variabel inovasi produk dan inklusi keuangan berpengaruh poisitif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat. Sedangkan secara simultan variabel promosi, inovasi produk, dan inklusi keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat menjadi nasabah BWM Almuna Berkah Mandiri Krapyak Yogyakarta. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan