DETAIL DOCUMENT
Hubungan antara kecerdasan adversitas dan efikasi diri dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa MTS Negeri 4 Bantul
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Vallyzsanta, Yolan
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2024-07-01 08:10:18 
Abstract :
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN ADVERSITAS, EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan adversitas, efikasi diri, dan dukungan sosial teman sebaya dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa di MTs Negeri 4 Bantul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain cross-sectional. Populasi penelitian adalah siswa MTs Negeri 4 Bantul sebanyak 704 siswa dengan pemilihan sampel menggunakan proportional stratified random sampling, yaitu peneliti mengambil sampel penelitian pada 3 kelompok kelas di MTs Negeri 4 Bantul dengan masing-masing kelompok dipilih secara random, dan diperoleh sampel sebanyak 177 siswa. Alat ukur yang digunakan berupa skala kecerdasan adversitas, skala efikasi diri, skala dukungan sosial teman sebaya,dan skala kemampuan pemecahan masalah. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis anareg regresi berganda. Keseluruhan komputasi olah data menggunakan SPSS 27,0 for Windows. Hasil analisis menunjukkan nilai R sebesar = 0,960, F = 686,279 dengan p = 0,000 (p<0,01), maka dapat disimpulkan bahwa kecerdasan adversitas, efikasi diri, dan dukungan sosial teman sebaya secara simultan ada hubungan positif yang sangat signifikan dengan kemampuan pemecahan masalah dengan kontribusi sebesar 92,2%. Secara parsial, kecerdasan adversitas memiliki nilai B = 0,215, t = 4,388 dengan p = 0,000 (p < 0,01), maka kecerdasan adversitas ada hubungan positif yang sangat signifikan dengan kemampuan pemecahan masalah dengan kontribusi sebesar 18,1%. Efikasi diri memiliki nilai B = 0,659, t = 13,404 dengan p sebesar 0,000 (p < 0,01), maka efikasi diri ada hubungan positif yang sangat signifikan dengan kemampuan pemecahan masalah dengan sumbangan efektifnya sebesar 62,98%. Dukungan sosial teman sebaya dengan nilai B = 0,167, t = 4,429, dan p=0,000 (p < 0,01), maka dukungan sosial teman sebaya memiliki hubungan positif yang sangat signifikan dengan kemampuan pemecahan masalah dengan sumbangan efektifnya sebesar 11,18%. Penelitian menyimpulkan bahwa kecerdasan adversitas, efikasi diri, dan dukungan sosial teman sebaya secara simultan berhubungan dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan