DETAIL DOCUMENT
Penerapan metode discovery learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 3 Mlati
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Muhaimin, Agung Nuryahya
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-07-02 04:51:58 
Abstract :
Metode pengajaran yang monoton dan adanya perubahan kurikulum yang sering terjadi, menyebabkan kesulitan bagi siswa untuk mengikuti pembelajaran di kelas. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini difokuskan pada penerapan metode discovery learning, yang telah terbukti meningkatkan kualitas belajar siswa dengan mendorong keterlibatan aktif dan berpikir keras. Metode discovery learning menempatkan peserta didik pada lingkungan yang dikondisikan dalam bentuk desain pembelajaran yang eksploratif, dimana peserta didik berperan secara aktif dalam belajar di kelas dengan melakukan eksplorasi bahan pelajaran. Sesuai dengan karakteristik mata pelajaran fikih yang menumbuhkan kemampuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai ajaran Islam dalam bahan pelajaran secara intens yang kemudian dapat diterapkan dan dilaksanakan secara relevan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asumsi peneliti tentang penerapan metode Discovery Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 3 Mlati. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan metode pembelajaran PAI berbasis discovery learning, (2) Mengetahui factor pendukung dan penghambat dari penerapan metode Discovery Learning pada pembelajaran PAI (3) Mendskripsikan Evaluasi metode pembelajaran PAI berbasis discovery learning, Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan. Adapun data dikumpulkan melalui observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis discovery learning diwujudkan dalam bentuk Silabus beserta pengembangan RPP dan Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan sesuai dengan kegiatan pelaksanaan metode discovery yakni adanya kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup, (2) Faktor pendukung dari penerapan metode Discovery Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 3 Mlati yakni dukungan penuh dari pihak sekolah berupa pelatihan untuk guru, media pembelajaran dan antusias dari peserta didik. Sedangkan factor penghambat dari penerapan metode tersebut ketidakstabilan ego peserta didik dan kurangnya prasarana dan (3) Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Discovery Learning dilaksanakan dengan cara tes non tes secara pengamatan langsung (observasi). 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan