DETAIL DOCUMENT
Analisis kualitas layanan Senayan Library Managemnet System (SLiMS) menggunakan framework ITIL V4 di perpustakaan Kota Perak (studi kasus SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Muhdar, Asriani
Subject
HA Statistics 
Datestamp
2024-07-02 04:07:16 
Abstract :
Perpustakaan Kota Perak SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta mengimplementasikan SLiMS versi cendana sebagai manajemen layanan informasi perpustakaan untuk melakukan pengelolaan data perpustakaan serta mempermudah pencarian referensi atau koleksi buku yang ingin diakses. Penanganan masalah yang terjadi diperpustakaan Kota Perak dilakukan menggunakan framework ITIL V4 yang berfokus pada praktik service desk dan incident management. Proses penilaian tingkat kematangan dilakukan dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner sehingga menghasilkan nilai tingkat kematangan saat ini, nilai yang diharapkan analisis gap dan membuat rekomendasi untuk SOP penanganan insiden. Perhitungan tingkat kematangan saat ini pada service desk dan incident management rata-rata berada pada level 4 atau managed dan hasil nilai gap service desk yaitu 1,10 dengan tingkat kematangannya (maturity level) yaitu 3,90 dan pada incident management dengan nilai tingkat kematangan (maturity level) yaitu 3,79 yang memiliki nilai gap sebesar 1,21 Kemudian untuk mencapai target nilai yang diharapkan maka dilakukan pemberian rekomendasi berupa pembuatan SOP untuk dapat meningkatkan layanan di perpustakaan Kota Perak. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan