DETAIL DOCUMENT
Implementasi penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui program SEJUTA SABAR pada peserta didik di SD Muhammadiyah Demangan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Khasanah, Vita Nur
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-10-28 04:51:30 
Abstract :
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya karakter pada peserta didik. Penggunaan Bahasa Jawa dianggap ketinggalan zaman sebagai alat komunikasi dan kurangnya kesadaran tentang manfaat bersedekah. SD Muhammadiyah Demangan mempunyai program SEJUTA SABAR (Saben Jumat Basa Jawa lan Sedekah Barokah) yang harapanya membentuk karakter peserta didik sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui program SEJUTA SABAR pada peserta didik serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang diperoleh yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, waka kurikulum, guru dan peserta didik di SD Muhammadiyah Demangan. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profil Pelajar Pancasila dalam kegiatan SEJUTA SABAR di SD Muhammadiyah Demangan tercermin melalui tiga dimensi: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, berkebinekaan global dan bergotong royong. Tahap yang terdiri dari 3 proses, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil implementasi tersebut dari tiga tahap adalah kepala sekolah beserta seluruh pihak yang didalamnya dapat merancang kegiatan yang berhubungan dengan elemen ini dilihat dari aktivitas peserta didik bakti sosial, infaq, menghargai budaya dan saling gotong royong di sekolah. Terdapat faktor pendukung yaitu faktor pembawaan, pendidik, orang tua, lingkungan, dan sarana prasarana. Kemudian terdapat faktor penghambat yaitu kurang terbiasa pendidik dan peserta didik berbahasa Jawa. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan