Abstract :
Literasi keuangan, kemudahan penggunaan e-money, dan gaya hidup adalah bagian dari faktor yang mempunyai pengaruh terhadap perilaku konsumtif, studi ini berguna mengetahui konsep akan literasi keuangan. Generasi Z Kota Yogyakarta (pada Kec. Umbulharjo, Wirobrajan, dan Kota Gede) memiliki pengetahuan keuangan yang berbeda-beda, dengan adanya kemudahan belanja online dan kemudahan penggunaa e-money tentu saja memudahkan Generasi Z berbelanja tanpa pemikiran yang matang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, kemudahan penggunaan e-money, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pengguna aplikasi tiktok shop generasi z di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online kepada responden. Responden pada penelitian ini merupakan generasi z yang pernah menggunakan tiktok shop di Kota Yogyakarta (pada Kec. Umbulharjo, Wirobrajan dan Kota Gede). Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. pengaruh literasi keuangan, kemudahan penggunaan e-money, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pengguna aplikasi tiktok shop generasi z di Kota Yogyakarta diukur menggunakan bantuan SPSS versi 25. Hasil yang didapatkan adalah literasi keuangan dan kemudahan penggunaan e-money ditolak terhadap perilaku konsumtif sedangkan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif.