Abstract :
SMPN 4 Banguntapan telah menerapkan teknologi informasi sebagai alat bantu dalam tata kelola pendidikan, penggunaan teknologi informasi saat ini sangat penting dalam mendukung efetivitas dan efisiensi proses belajar mengajar di sekolah. Namun, terdapat permasalahan yang dihadapi dalam penggunaan TI terutama dibagian tata usaha yang staf nya kurang kompeten dalam memanfaatkan teknologi yang berdampak pada kualitas data dan administrasi sekolah. Tujuan dari penelitian ini melakukan evaluasi untuk mengukur tingkat kapabilitas (capability level) dan memberikan rekomendasi perbaikan menggunakan framework COBIT 5 yang dapat membantu sekolah dalam mencapai kualitas yang optimal.
Tahapan penelitian akan menggunakan alur assement meliputi initiation, planing the assesment, briefing, data collection, data validation, process atribut level dan reporting the result. Untuk penentuan domain COBIT 5 akan menggunakan goals cascade dan menggumpulkan dokumen tata kelola dari sekolah yang akan diperika untuk mengukur sejauh mana tingkat kapabilitas dalam proses yang dilaksanakan.
Hasil pemetaan proses yang dilakukan, domain yang dipilih adalah EDM04 Ensure Resource Optimasation. Hasil tingkat capability level berada pada level 2 managed process dengan pencapaian sebesar 48% partialy achieved. Dengan adanya temuan tersebut, diberikan rekomendasi untuk meningkatkan kapabilitas tata kelola TI, termasuk pelatihan dan pengembangan kompetensi staf, serta penerapan proses dan kebijakan yang lebih efektif sesuai dengan standar COBIT 5.