Abstract :
Keterampilan guru dalam mengajar dengan berbagai variasi gaya membuat siswa lebih terinovasi dan semangat dalam belajar, sehingga tujuan pembelajaran yang dilakukan tersampaikan kepada siswa didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah Plus Salatiga kelas X. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru Bahasa Arab dan beberapa siswa kelas X di SMA Muhammadiyah Plus Salatiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di SMA Muhammadiyah Plus Salatiga telah mengimplementasikan berbagai variasi gaya dalam pembelajaran, diantaranya: variasi suara, pemusatan perhatian, kontak pandang, dan gerakan tubuh Sedangkan variasi media pembelajaran menggunakan media visual diantaranya: PPT, word wall, quizizz dan media gambar. Sementara variasi pola interaksi dalam pembelajaran, peneliti mengidentifikasikan pada tiga pola interaksi diantaranya: guru kepada siswa, siswa kepada guru dan siswa kepada siswa.