DETAIL DOCUMENT
Pengembangan e-modul pembelajaran akhlak berbasis TPACK untuk siswa kelas IV sekolah dasar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Nabilah, Ri'yan
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-10-30 06:47:07 
Abstract :
Latar belakang penelitian ini banyak siswa yang kurang memahami bagaimana seharusnya berperilaku entah kepada yang lebih muda maupun kepada orang yang lebih tua. Siswa selalu bermain dengan gadget sehingga jika tanpa pengawasan orang tua dan bimbingan dari guru ditakutkan akan melebihi batas serta mengganggu waktu belajar. Belum pernah dikembangkannya e-modul pembelajaran akhlak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas, kelayakan, serta langkah-langkah pengembangan E-modul Pembelajaran akhlak. E-modul dikembangkan dengan materi sifat terpuji pembelajaran akhlak. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh dari validasi para ahli, penilaian guru dan respon siswa. Serta saran dan masukan mengenai e-modul. Data kualitatif didapatkan dari dosen ahli dan guru. Masukan yang didapatkan untuk menambahkan sumber materi, mematangkan penyusunan materi, memperbaiki indikator, memperbaiki judul produk, serta menambahkan media interaktif pada e-modul. Data kuantitatif yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah sebagai berikut. Hasil validasi ahli materi diperoleh nilai 94,4 dengan kategori ?Sangat Baik?. Hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai 90 dengan kategori ?Sangat Baik?. Hasil validasi ahli media diperoleh nilai 80 dengan kategori ?Sangat Baik?. Hasil penilaian dari guru memperoleh nilai 90 dengan kategori ?Sangat Baik?. Hasil respon siswa diperoleh nilai 90,67 dengan kategori ?Sangat Baik?. Kategori sangat baik yang diperoleh memiliki arti bahwa dari seluruh aspek penilaian dapat disimpulkan e-modul memiliki isi materi, kemudahan akses, serta kebermanfaatan untuk pelajaran akhlak. Selanjutnya setelah diakumulasikan nilai diambil rata-rata dari validasi materi, pembelajaran, media, penilaian guru dan respon siswa diperoleh nilai akhir 89,01. Dapat ditarik kesimpulan bahwa e-modul berbasis TPACK pada materi sifat terpuji kelas IV sekolah dasar masuk dalam kategori ?Sangat Baik? yang artinya layak digunakan dalam proses belajar dan dapat digunakan sebagai alternatif media belajar untuk materi sifat terpuji. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan