DETAIL DOCUMENT
Pengaruh pemberitaan kasus bunuh diri artis K-Pop terhadap pembentukan karakter remaja followers akun Instagram @officialkvibes
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Nurtriavi Iskandar, Aisya
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2024-10-30 06:48:03 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh pemberitaan kasus bunuh diri artis K-Pop terhadap pembentukan karakter remaja followers akun Instagram @officialkvibes. Fenomena bunuh diri artis K-Pop telah menjadi isu yang menarik perhatian publik. Pemberitaan ini seringkali memicu berbagai respon emosional dan reaksi masyarakat, salah satunya seperti respon para pengguna media sosial Instagram, khususnya di kalangan remaja pengguna media sosial tersebut yang berada dalam masa pembentukan karakter dan identitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan kuesioner dengan mengumpulkan data dari suatu populasi, yaitu remaja pengguna Instagram yang berusia antara 10 hingga 24 tahun sebanyak 100 responden yang merupakan pengikut dari akun instagram @officialkvibes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode statistik untuk mengidentifikasi sejauh mana pemberitaan kasus bunuh diri artis K-Pop mempengaruhi pembentukan karakter remaja. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana pemberitaan kasus bunuh diri artis K-Pop di media massa, termasuk di platform Instagram, dapat mempengaruhi pembentukan karakter para remaja pengikut akun @officialkvibes. Hal ini ditunjukan dengan nilai T-hitung 8,314>T-tabel 1,984, yang artinya Ha "adanya pengaruh pemberitaan kasus bunuh diri artis K-Pop terhadap pembentukan karakter remaja followers akun Instagram @officialkvibes" diterima dan hipotesis H0 "tidak adanya pengaruh pemberitaan kasus bunuh diri artis K-Pop terhadap pembentukan karakter remaja followers akun Instagram @officialkvibes" ditolak. Selain itu, hasil pengujian koefisien determinasi didapatkan nilai r-square sebesar 0,461 artinya variabel pengaruh berita memiliki pengaruh terhadap variabel karakter remaja sebesar 46,1% sedangkan sisanya sebesar 53,9% dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam menyusun kebijakan pemberitaan yang lebih bertanggung jawab terkait isu-isu sensitif seperti bunuh diri. Selain itu, hasil penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan informasi yang relevan bagi masyarakat, khususnya para orang tua, pendidik, dan pihak terkait lainnya dalam mendukung dan membimbing remaja dalam menghadapi konten yang berpotensi berdampak negatif pada pembentukan karakter mereka. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan