Abstract :
Latar belakang dalam penelitian ini pada krisis disiplin kepemimpinan siswa di lingkungan sekolah yang menjadi pengaruh dalam menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada setiap individu. Sedangkan peneliti ini mempunyai tujuan pertama untuk mengetahui apakah terdapat berapa besar tinggi intensitas kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan terhadap jiwa. Kedua, seberapa tinggi tingkat jiwa kepemimpinan siswa SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Ketiga Apakah ada intensitas kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan terhadap jiwa kepemimpinan siswa SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta.
Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan pendekatan korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta sejumlah 79 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan (X) dan variabel terikat adalah jiwa kepemimpinan (Y). Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 25 for Windos.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, tingkat kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan pada siswa SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta adalah termasuk kategori sedang dan sisanya 15 siswa (19,0) berkategori tinggi dan 12 siswa (15,2). Kedua, tingkat jiwa kepemimpinan siswa SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang sebanyak 39 siswa (49,4%) artinya tingkat jiwa kepemimpian siswa tergolong sedang, sedangkan sisanya yaitu siswa yang memiliki tingkat intensitas rendah yaitu sebanyak 10 siswa (12,7%), dan siswa yang memiliki tingkat intensitas tinggi yaitu sebanyak 30 siswa (38,0%). Ketiga, Terdapat pengaruh positif terhadap dan signifikan antara ekstrakurikuler kegiatan Hizbul Wathan terhadap jiwa kepemimpinan siswa Hal ini dibuktikan pada hasil regresi yaitu nilai signifikansi sebesar 0,000. Dimana nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari pada 0,05 dengan angka kepercayaan 95% sehingga terdapat pengaruh yang dignifikan dan Ha diterima.