Abstract :
Masalah yang diidentifikasi adalah penggunaan aplikasi pihak ketiga untuk pembuatan soal karena menambah kompleksitas dengan ketergantungan pada platform eksternal, mengurangi efisiensi karena kurangnya integrasi, meningkatkan risiko keamanan data, serta tidak sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan spesifik SMAN 1 Bantul. Dengan mengembangkan sistem ini, diharapkan dapat membantu guru dalam mengelola ulangan harian dengan lebih baik dan mempermudah siswa dalam mengikuti ulangan. Manfaat dari penelitian ini adalah peningkatan kualitas manajemen pendidikan di SMAN 1 Bantul melalui implementasi teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem ulangan harian berbasis website di SMAN 1 Bantul.
Pada penelitian ini menggunakan beberapa dari metode waterfall. Tahapan yang dilakukan meliputi analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, dan pengujian. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan guru serta siswa di SMAN 1 Bantul untuk memastikan bahwa sistem yang dikembangkan dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Pengujian dilakukan dengan metode blackbox testing untuk mengevaluasi fungsionalitas sistem dan User Experience Questionnaire (UEQ) untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ulangan harian berbasis website ini mampu menghasilkan efisiensi pelaksanaan ulangan di SMAN 1 Bantul. Sistem ini juga memudahkan guru dalam menyusun soal, mengelola nilai, serta menyediakan laporan kinerja siswa. Rekomendasi dari penelitian ini adalah pengembangan fitur-fitur tambahan seperti analisis hasil ulangan untuk mendukung proses pendidikan yang lebih baik.