DETAIL DOCUMENT
Pengaruh model pembelajaran project based learning PjBL terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran IPS materi pokok jenis usaha ekonomi kelas v di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Agustin, Nelvi
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2024-12-04 02:00:33 
Abstract :
Seorang pendidik dalam menyampaikan materi perlu memilih model mana yang sesuai dengan keadaan kelas atau siswa sehingga siswa merasa tertarik untuk mengikuti pelajaran. Pentingnnya penerapan model pembelajaran sangat perlu diperhatikan karena siswa memiliki perbedaan dalam kemampuan, bakat, minat, ketahanan dan semangat. Dalam proses pembelajaran IPS siswa cenderung pasif karena siswa hanya menulis dan mendengarkan saja, siswa juga sulit untuk memahami konsep yang di berikan oleh guru karena siswa hanya. Salah satu model pembelajaran yang cukup aktif dan inovatif untuk menunjang keberhasilan belajar siswa adalah model pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) adalah merupakan pembelajaran inovatif yang berpusat pada siswa (student centered) dan menempatkan guru sebagai motivator dan fasilitator, dimana siswa diberikan kesempatan untuk mengolah pembelajaran didalam kelasnya dengan melibatkan kerja proyek. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran IPS materi pokok jenis usaha ekonomi kelas V di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 50 orang. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V-A yang berjumlah 25 putra dan V-B yang berjumlah 25 putri. Dalam penelitian ini variabel bebasnya (X) adalah penggunaan model pembelajaran, variabel terikatnya (Y) adalah hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan rata-rata simpangan baku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning pada pelajaran IPS materi pokok jenis usaha ekonomi kelas V di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta yaitu berdasarkan rata-rata posttest dari kedua kelas, terlihat bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai posttest kelas kontrol, dengan menggunakan Uji T diperoleh bahwa bahwa nilai sig. (2-failed) pada kelas eksperimen 0,000 < 0,05 yaitu terdapat pengaruh pada perlakuan di kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran IPS materi pokok jenis usaha ekonomi kelas V di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta. Sehingga keefektifan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran IPS materi pokok jenis usaha ekonomi kelas V di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta membuat peserta didik lebih percaya diri, lebih bersemangat dan lebih aktif dalam menyelesaikan proyek dan permasalahan yang diberikan. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan