Abstract :
Di era perkembangan teknologi yang pesat ini, sektor pemasaran juga dituntut untuk memahami kondisi pasar dan mencari peluang untuk inovasi baru. PT. Akur Pratama (Yogya Group) merilis aplikasi belanja bernama MyYOGYA untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan harian dan bulanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur taraf kepuasan serta efek kepuasan pengguna aplikasi MyYOGYA menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS).
Metode EUCS melibatkan lima variabel, yakni konten, ketepatan, format, penggunaan sistem, serta akuratnya waktu. Tahapan pada temuan ini meliputi observasi terhadap aplikasi MyYOGYA, perancangan dan uji angket, serta sebaran dan mengumpulkan data angket. Uji kuesioner dilaksanakan dengan pengujian validitas dan reliabilitas. Hasil akhir dari pengolahan data menunjukkan tingkat kepuasan pengguna aplikasi MyYOGYA. Kelebihan dari EUCS ini adalah metode ini sangat cocok digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan karena variabel dan indikator sesuai dengan permasalahan yang terdapat pada aplikasi MyYOGYA dan metode EUCS ini lebih efektif dibandingkan metode lain yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasaan suatu sistem atau aplikasi.
Dari hasil analisis, ditemukan bahwa 73% pengguna merasa puas dengan aplikasi MyYOGYA. Rekomendasi diberikan berdasarkan variabel dalam metode EUCS yang masih memiliki tingkat kepuasan yang rendah.