Abstract :
Latar belakang masalah di dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman mengenai penanaman nilai nilai islam sebagaimana anak reguler lainnya. Dalam penelitian ini, penulis membahas tentang bagaimana Penanaman Nilai-Nilai Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Jember. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penanaman nilai-milai Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Jember dan untuk mengetahui kendala guru agama dalam proses penanaman nilai-nilai Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Jember.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data primer yaitu Kepala Sekolah dan Guru Kelas, data sekunder menggunakan jurnal, buku, dan sumber-sumber terpercaya lainnya. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data memakai teknik triangulasi data, yaitu sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan penanaman nilai nilai islam bagi ABK di SLB Negeri Jember dilakukan di dalam maupun diluar kelas. Program penanaman karakter religius yang dapat mendukung nilai-nilai islam yang tidak hanya berasal dari pembelajaran di dalam kelas yakni penanaman nilai-nilai islam dalam proses pembelajaran, kultur sekolah yang religius dalam rangka penanaman nilai-nilai islam, dan kolaborasi SLB Negeri Jember dengan lembaga luar sekolah dalam proses penanaman nilai-nilai islam. Kendala guru dalam penanaman nilai-nilai islam bagi ABK di SLB Negeri jember adalah sekolah luar biasa tidak seperti sekolah pada umumnya, komunikasi dengan ABK dan keterbatasan intelegensi yang dimiliki oleh ABK