Abstract :
Dengan melihat adanya kebijakan dari pimpinan pusat Muhammadiyah mengeluarkan buku panduan AIK multikultural karena melihat banyaknya mahasiswa non-Muslim di perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia bagian timur, dan setiap tahunnya mahasiswa non-Muslim semakin bertambah. Maka Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah terkat keterlibatan mahasiswa non muslim pada pendikan AIK. serta mengalisisis internalisasi nilai-nilai moderasi di PTM melalui kajian AIK multikultural.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Reserch) atau riset kepustakaan. Jenis penelitian adalah Studi kepustakaan atau yang dikenal dengan membaca buku-buku, majalah dan sumber rujukan lainnya untuk mengumpulkan data literatur baik perpustakaan hingga jurnal-jurnal yang relevan dengan penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Wujud Islam berkemajuan harus mampu menunjukkan substansi dari nilai-nilai Islam yang di transformasikan kearah kondisi kehidupan yang maju, baik, berkeadilan, makmur dan memberikan kontribusi bagi kehidupan umat di bumi tanpa harus membeda-bedakan, Ras, Suku, Agama, Golongan dan status sosial. Dan Bentuk internalisasi nilai-nilai moderasi melalui Mata Kuliah pendidikan AIK Multikultural sendiri dilakukan dengan proses pembelajaran mata kuliah AIK tentang Etika dalam penerapan Syariah Islam. Hal ini diterapkan melalui pembelajaran tentang bagaimana Islam menerima perbedaan dalam lingkungan mikro seperti perbedaan yang hadir diranah mahasiswa atau ikhtilaf