Abstract :
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-word of mouth,
e-service quality, dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian online
Maybelline di marketplace. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pengguna Maybeline dan
menggunakan marketplace di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini sebanyak 215 responden. Teknik pengambilan
sampel pada penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling. Skala
pengukuran variabel dilakukan dengan menggunakan skala likert. Metode uji t,
regresi linier berganda dan koefisien determinasi. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: e-word of
mouth (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. e-
service quality (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian. brand ambassador (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian online.