DETAIL DOCUMENT
Penerapan metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama islam pada santri TPA Al-Barkah Bantul
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Sari, Melta
Subject
BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc 
Datestamp
2024-12-05 09:21:07 
Abstract :
Kemajuan zaman pada era globalisasi berkembang begitu pesat sehingga mempengaruhi tatanan kehidupan setiap orang, mulai dari gaya hidup, pola pikir, pola sikap, tingkah laku dan interaksi sosial. Adanya perubahan ini tentunya memberi dampak positif maupun negatif bagi kita terutama pada anak-anak, Karena pada masa pertumbuhan merupakan masa bagi anak-anak untuk meniru dan mencontoh apa yang ia lihat dan dengar. Agar anak-anak terhindar dari perbuatan buruk atau negatif maka anak-anak harus diarahkan pada hal-hal yang baik. Maka dari itu salah satu caranya yaitu dengan diajarkan pembiasaan keagamaan yang harus diajarkan sejak dini mungkin sebagai benteng dari pengaruh buruk dari luar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di TPA Al-Barkah dengan menerapkan metode pembiasaan kepada santri. Jenis Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif yang menggunakan penelitian lapangan dengan mengumpulkan data dan informasi dari TPA Al-Barkah. Dalam menggali informasi peneliti menggunakan dua sumber data,yaitu pertamasumber data primer didapatkan dengan melakukan observasi dan wawacara kepada ustad/ustadzah TPA Al-Barkah, kedua sumber data sekunder didapatkan dari dokumen arsip jumlah guru dan santri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi . Ada tiga tahan yang peneliti gunakan dalam menganalisis data, tahapan tersebut yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan terakhir dilakukan uji keabsahan data. Hasil dari penelitian ini terdapat tiga nilai-nilai utama yang ditanamkan pada santri TPA Al-Barkah yaitu nilai akidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Pada proses penerapan pembiasaan pada santri TPA Al-Barkah diantaranya pembiasaan akidah dengan menghafal rukun iman, pembiasaan ibadah dengan praktik wudhu dan shalat, pembiasaan akhlak dengan menghargai orang lain, berlaku sopan santun, dan mencintai kebersihan lingkungan. Namun dalam menerapkan metode pembiasaan ini tentu terdapat kekurangan dan kelebihannya yang akan menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung yaitu peran dari ustad/ustadzah yang menjadi contoh teladan yang baik bagi santri, komitmen ustad/ustadzah dalam menjalankan aturan TPA. Faktor penghambat keterbatasan waktu pembelajaran sehingga ustad/ustadzah tidak bisa maksiamal dalam belajar, penggunakan hp bagi santri memberi dampak buruk bagi perilaku santri. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan