DETAIL DOCUMENT
Penerapan model pembelajaran outdoor learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas V di SD Muhammadiyah Pandeyan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Mahendra, Wahyu
Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2024-12-06 02:02:48 
Abstract :
Permasalahan yang terjadi di SD Muhammadiyah Pandeyan yaitu keaktifan dan hasil peserta didik kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan pada proses pembelajaran guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional yang mengakibatkan peserta didik mudah merasa bosan dan tidak nyaman. Salah satu cara untuk mengatasi rendahnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Outdoor learning. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan model pembelajaran outdoor learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS Kelas V di SD Muhammadiyah Pandeyan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 20 peserta didik dengan rincian 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Outdoor Learning efektifi dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Pandeyan. Perolehan hasil observasi yang telah dinilai oleh guru pada siklus I sebesar 70% dengan kategori cukup aktif, mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 80% dengan kriteria aktif. Hasil belajar peserta didik dilihat melalui soal test siklus I dan soal test siklus II. Hal ini dapat dilihat dengan nilai rata rata soal test yang dilakukan pada siklus I sebesar 53,25 dengan persentase 10% keberhasilan peserta didik, mengalami peningkatan sesuai dengan hasil soal test yang dilakukan pada siklus II sebesar 74,5 dengan persentase 75%. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan