DETAIL DOCUMENT
Pengembangan media pop up book kekayaan budaya indonesia untuk meningkatkan hasil belajar IPAS Siswa kelas IV SD
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Rahmadaniah Putri, Risa
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-12-06 03:14:00 
Abstract :
Proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang monoton seringkali menjadi salah satu penyebab capaian pembelajaran tidak dapat dicapai secara maksimal oleh peserta didik. Media pembelajaran yang monoton kurang mampu untuk menarik perhatian peserta didik khususnya pada mata pelajaran IPS. Media yang digunakan masih banyak yang belum mampu untuk menarik perhatian dan meningkatkan semangat belajar peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan adanya pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan, menganalisis kelayakan dan menganalisis efektivitas media pembelajaran Pop-Up Book Kekayaan Budaya Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, serta soal pre-test dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ahli, guru, siswa kelas IV SD Muhammadiyah Karangwaru dan siswa kelas IV SD Muhamamdiyah Karangharjo Berbah. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pengembangan media Pop-Up Book Kekayaan Budaya Indonesia menggunakan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. (2) kelayakan media Pop-Up Book dilihat dari hasil valiadi ahli, penilaian guru, dan respon siswa. Validasi ahli media memperoleh nilai 94,2 dengan kategori Sangat Baik, ahli materi memperoleh nilai 70 dengan kategori Baik, ahli bahasa memperoleh nilai 86,6 dengan kategori Sangat Baik, ahli pembelajaran memperoleh nilai 88 dengan kategori Sangat Baik, penilaian guru memperoleh nilai 90,9 dengan kategori Sangat Baik, respon siswakelompok kecil memperoleh nilai 89,7 dengan kategori Sangat Baik, dan respon siswa kelompok besar memperoleh nilai 94,8 dengan kategori Sangat Baik. (3) efektivitas media Pop-Up Book dilihat dari hasil uji paired sampel t-test memperoleh nilai signifikan 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media PopUp Book Kekayaan Budaya Indonesia ini merupakan media pembelajaran yang layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV sekolah dasar 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan