Abstract :
Saat ini era digitalisasi terhadap produk dan jasa semakin berkembang, termasuk teknologi
sistem pembayaran elektronik (E-Money) dan pembelanjaan sistem daring (E-Commerce).
Keduanya sangat berkembang dihampir seluruh elemen masyarakat hingga menggeser pola
perilaku konosumen. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana pengaruh Literasi E-
Money dan Literasi E-Commerce terhadap perilaku konsumtif dengan studi kasus mahasiswa
jurusan Eknomi Pembangunan Universitas Ahmad Dahlan. Jumlah sampel yang diuji adalah
87 orang dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian secara simultan menunjukan
adanya pengaruh serentak yang signifikan antara variabel independen terhadap variabel
dependen dengan koefisien determinasi sebesar 46%. Selanjutnya secara parsial, tingkat
literasi E-Money berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif (0.014 <
0> 0.05). Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan
skope sampel yang lebih luas, variabel independen lebih banyak dan alat analisis lain untuk memperlengkap literatur.