DETAIL DOCUMENT
Peranan layanan bimbingan klasikal teknik problem base learning untuk membentuk nilai karakter kerja keras
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Ilham Syahputra, Maulana
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2024-12-10 02:35:23 
Abstract :
Perilaku nilai karakter kerja keras pada siswa yang terjadi di SMK Muhamadiyah Piyungan terdapat siswa yang masih merendahkan tentang nilai karakter kerja keras dikarenakan siswa yang nilai karakter kerja kerasnya rendah, sehingga di kelas kurang kondusif. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat nilai karakter kerja keras peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan klasikal Teknik Problem based learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Design menggunakan model One Group Pretest Posttest Design. Sampel yang digunakan purposive sampling, yaitu 30 siswa kelas XI TKRO SMK Muhammadiyah Piyungan. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas dengan jumlah 65 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, kuesioner, dan observasi Uji validitas menggunakan validitas konstruk. Uji reliabilitass menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data penelitian di analisis menggunakan uji independent Sample T-Test dan uji N-Gain pada aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest sebesar 85,53 dan Postest sebesar 96,25. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat di simpulkan bahwa peningkatan skor hasil responden dari pretest ke postest, pemberian perlakuan dapat meningkatkan jawaban responden dalam karakter kerja keras setelah diberikan treatment. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa Layanan Bimbingan Klasikal teknik Problem Based Learning (PBL) meningkatkan nilai karakter kerja keras siswa pada kelas XI SMK Muhammadiyah Piyungan. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan