Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya inkonsistensi nilai-nilai yang berlaku, ketidakdisiplinan terhadap tugas dan tanggung jawab, dan ketidaktaatan terhadap norma dan aturan yang berlaku. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang manajemen Pendidikan karakter yang diintegrasikan dengan kultur kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 3 Balikpapan dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasannya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Balikpapan pada bulan Oktober-Desember 2023. Sumber data penelitian berjumlah lima orang partisipan yang teridiri dari kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, wakil bidang kesiswaan, guru, dan siswa. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Tekhnik analisis data menggunakan model miles and huberman. Analisis data dilakukan dengan bantuan software Atlas t.i versi 9.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pendidikan karakter diwujudkan dalam bentuk program kegiatan dan anggaran sekolah, kemudian penciptaan kurikulum sekolah berkarakter islami, dan program capaian pembelajaran life skile. (2) Pengorganisasian pendidikan karakter disekolah adalah organisasi ikatan pelajar muhammadiyah (IPM) yang merupakan organisasi satu-satunya disekolah. (3) pelaksanaan Pendidikan karakter dilaksanakan dengan pembiasaan dan keteladanan meliputi pembacaan ayat suci Alqur?an setiap hari, sholat berjamaah lima waktu, pembiasaan sholat tahajud dan duha, serta kegiatan cakap berbahasa inggris dan arab. (4) kendala dalam penerapan pendidikan karakter yaitu kurangnya waktu disekolah, serta lingkungan luar yang kurang baik, (5) tahap evaluasi penerapan pendidikan karakter dilakukan secara internal maupun eksternal.