DETAIL DOCUMENT
Pengelolaan teknologi informasi dalam pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Luar Biasa
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Jesika, Jesika
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2024-12-10 04:32:01 
Abstract :
Teknologi informasi memberikan peluang yang signifikan bagi sekolah luar biasa dalam meningkatkan pendidikan dan pemberdayaan siswa dengan kebutuhan khusus, selain itu teknologi informasi menjadi hal wajib agar perkembangan Pendidikan dapat bersaing dengan organisasi lain. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan dan menganalisis bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan teknologi informasi dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus(ABK) di Sekolah Luar Biasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengambil responden dari SLB di Toboali. Teknik pengumpulan data melalui tahapan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini, yaitu Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Display Data) dan Verifikasi atau Penegasan Kesimpulan (Conclusion Drawing or Verification). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengelolaan teknologi informasi dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus(ABK) di SLB diawali dengan perencanaan yang terdiri dari analisis kebutuhan siswa, menilai literasi IT, identifikasi kesesuaian kebutuhan TI dan perencanaan pembelajaran siswa. Tahap pengorganisasian yang terdiri dari komunikasi pentingnya IT, strategi aksesibilitas IT, dan alokasi dana perangkat. Tahap pelaksanaan yang terdiri dari diferensiasi pembelajaran dan perangkat pembelajaran. Tahap pengawasan yang terdiri dari pemeliharaan perangkat IT, kemampuan peserta didik dan upaya menanggulangi dampak IT. Pengelolaan teknologi informasi dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Toboali secara keseluruhan masih perlu ditingkatkan dan diperbaiki lagi, hal ini dapat dilihat dari kendala pengelolaan teknologi informasi dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus(ABK) di SLB saat ini yang berpengaruh terhadap implementasi penggunaan teknologi informasi di SLB seperti IT belum maksimal, kekurangan SDM, pelatihan IT guru minim, kekurangan perangkat, kekurangan dana, serta dampak negatif IT. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan