DETAIL DOCUMENT
STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONSALFAMART DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN DI TENGAH PANDEMI COVID - 19
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bhayangkara Surabaya
Author
SAHARA, LENNY
Subject
J Communication 
Datestamp
2022-03-10 06:08:34 
Abstract :
ABSTRAK ; Alfamart merupakan jaringan tokoritel yang mempunyai banyak cabang di Indonesia.Toko ini umumnya menjual berbagai makanan, minuman dan kebutuhan pokok lainnya, dalam pandemi covid-19 penjualan Alfamart mengalami penurunan. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanastrategi marketing public relation Alfamart Sidoarjo dalam meningkatkan jumlah pelanggan di tengah pandemi Covid-19 dan faktor yang menghambat dalam melakukan strategi marketing public relation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi di lapangan.Hasil penelitian menunjukan Marketing Public RelationsAlfamart cabang Sidoarjo menerapkan Three Ways Strategy.Three Ways Strategyyang digunakan meliputi Pull Strategy, Push Strategy dan Pass Strategy.Dari ketiga strategi yang dipakai yang paling berpengaruh terhadap meningkatnya jumlah pelanggan saat pandemi covid-19 adalah push strategy (mendorong), karena strategi tersebut dirasa sangat membantu dalam meningkatkan jumlah pelanggan agar berbelanja di Alfamart salah satunya dengan pemanfaatan media sosial maupun digital yakni dengan menggunakan Program SAPA (Siap Antar Pesanan Anda). Melalui program ini memudahkan konsumen untuk berbelanja dari rumah di masa pandemi sekarang ini. Kendala yang terjadi dalam melakukan kegiatanstrategisalah satunya keterbatasan untuk interaksi secara langsung dengan pelanggan, kebijakan dari pemda terkait jam operasional toko, pelayanan yang belum maksimal, sulitnya melakukan event-event untuk menarik pelanggan. Namun, kendala tersebut dapat diatasi dengan memaksimalkan kegiatan pemasaran melalui media online. 
Institution Info

Universitas Bhayangkara Surabaya