Abstract :
ABSTRAK
Pada dua pekan terakhir di bulan Januari 2020 Virus Corona menjadi topik hangat di berbagai negara. Virus ini pertama kali muncul di kota Wuhan, Tiongkok dan berhasil menyebar ke berbagai belahan dunia dengan sangat cepat. Virus ini telah berhasil merenggut banyak nyawa dan belum ditemukan obatnya. Dan pada Senin (02/03/2020) Presiden Jokowi mengumumkan bahwa terdapat dua warga Indonesia yang dinyatakan positif terjangkit virus corona dan ini menjadi kasus positif virus corona pertama di Indonesia. Dengan adanya pernyataan dari Presiden Jokowi ini membuat para awak media seperti media online beramai-ramai memberitakan informasi ini. Salah satu media online tersebut
adalah CNNIndonesia.com. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menganalisis bagaimana pembingkaian pemberitaan tentang virus
corona yang dilakukan oleh media online CNNIndonesia.com. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana pembingkaian pemberitaan tentang virus corona yang dilakukan oleh media
online CNNIndonesia.com. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan
analisis framing model Zhondang Pan dan Gerald M Kosicki.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembingkaian berita atau framing yang dilakukan oleh
media online CNNIndonesia.com cenderung membingkai berita positif tentang usaha yang telah
dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dalam menangani dan menghambat perkembangan virus corona
yang semakin meluas. CNNIndonesia.com juga cenderung menjadikan Presiden Joko Widodo sebagai
narasumber utamanya.