DETAIL DOCUMENT
MOTIF K-POPERS PADA EVENT GATHERING PENGGEMAR MUSIK KOREA DI KOPI CHUSEYO DALAM PENGGUNAAN APLIKASI TOKOPEDIA X BTS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bhayangkara Surabaya
Author
MAHARANI, ANGGRAINY EVITA KUSUMA
Subject
J Communication 
Datestamp
2022-04-21 03:20:27 
Abstract :
Abstrak Penelitian ini berjudul ?Motif K-popers pada event gathering penggemar musik Korea di Kopi Chuseyo dalam penggunaan aplikasi Tokopedia X BTS?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa motif yang dimiliki pengguna aplikasi Tokopedia X BTS di kalangan K-popers pada event gathering penggemar musik Korea di Kopi Chuseyo. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah lima orang K-popers yang tergabung dalam event gathering penggemar musik korea di Kopi Chuseyo. Data yang diperoleh melalui penelitian dan wawancara mendalam terhadap informan. Pada penelitian ini ditemukan bahwa aplikasi Tokopedia merupakan salah satu aplikasi belanja online dan salah satu e-commerce terbesar dengan banyak para pengguna tidak terkecuali para penggemar musik korea atau biasa yang disebut dengan K-popers. Motif para k-popers dalam penggunaan aplikasi Tokopedia X BTS didasari oleh teori McQuail yaitu motif informasi, motif identitas diri, motif integrasi dan interaksi sosial, serta motif hiburan. Hasil dari penelitian ini yaitu dominan adanya motif hiburan, para k-popers merasa senang akan informasi atau barang yang dicari serta merasa terhibur ketika boyband BTS tampil dalam iklan aplikasi Tokopedia 

Institution Info

Universitas Bhayangkara Surabaya