Abstract :
ABSTRAK
Pesatnya perkembangan teknologi internet dijaman modern saat ini,
memicu persaingan yang ketat antara media satu dengan media yang lain
untuk saling berebut posisinya. Salah satunya adalah media televisi.
Dengan adanya era konvergensi media membuat para perusahaan televisi
swasta harus melakukan konvergensi media untuk dapat bersaing.
Metode Penelitian kali ini menggunakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan konvergensi JTV pada
Program Pojok Kampung Melalui Channel YouTube JTV Rek. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, Wawancara,
dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Televisi JTV pada Program Pojok
Kampung telah melakukan konvergensi media dengan menggunakan 3
poin penting dalam konvergensinya yaitu computing and information
technology, communication network dan Digital Content. Sementara itu
informasi berita program Pojok Kampung tidak hanya disampaikan di
televisi JTV saja melainkan diunggah juga ke media Youtube JTV Rek
yang telah berjalan secara professional sejak tahun 2019.