Institusion
Universitas Bhayangkara Surabaya
Author
PAMUNGKAS, DEDIK SETYAWAN
Subject
J Communication
Datestamp
2022-06-07 03:01:08
Abstract :
ABSTRAK
Di era digitalisasi dan penuh persaingan ini kebutuhan hubungan masyarakat atau public
relations sangatlah penting untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara organisasi bisnis
dengan produknya. Hubungan masyarakat didukung oleh perkembangan teknologi dengan
kehadiran internet yang telah menciptakan perubahan besar dalam dunia informasi dan
komunikasi. Dengan hadirnya internet, manusia dapat lebih mudah mengakses suatu informasi dan
memperlancar komunikasi antar individu.
Penelitian ini membahas mengenai aktivitas Cyber Public Relations PT. Mandom
Indonesia di PT. Mandom Indonesia melalui pengelolaan akun Instagram khusunya dalam
meningkatkan loyalitas pelanggan. Informan dalam penelitian ini adalah Supervisor dan Asisten
Supervisor yang ada di PT. Mandom Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini, antara lain observasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan metode interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan, peneliti menyimpulkan bahwa
aktivitas Cyber Public Relations diukur melalui lima elemen yaitu Tranparency, Internet Porosity,
The Internet as an Agent, Richness in Content dan Reach. Berdasarkan hasil penelitian elemen
Transparency pada aktivitas Cyber Public Relations mampu memberikan pemahaman yang baik
bagi pelanggan melalui pemberian berbagai informasi. Elemen internet porosity pada aktivitas
Cyber Public Relations adalah untuk membangun merek Gatsby. Elemen The Internet As an Agent
ini menjadi salah satu proses untuk menjaga nama baik dan hubungan baik antara produk Gatsby
dengan yang lain. Elemen Richness In Content berperan sebagai Expert Preciber Communication.
Elemen Reach berperan untuk membangun kepercayaan kepada pelanggan. Keseluruhan aktivitas
cyber public relations mampu menciptakan loyalitas pelanggan. Hal tersebut terbukti dengan
meningkatkanya penjualan produk dan beberapa referensi pelanggan dalam melakukan pembelian
dikarenakan informasi yang tersebar melalui Instagram.